Sarana dan Prasarana

SARANA

  • Sarana Peribadatan
    Pada wilayah perancangan mayoritas penduduk beragama Islam, sehingga sarana peribadatan yang ada wilayah tersebut adalah masjid dan musholla. Kondisi tempat peribadatan tersebut masih baik dan masih sering digunakan penduduk sekitar untuk beribadah.
  • Sarana Pendidikan, Sarana pendidikan di wilayah perancangan Desa Timbulsloko sudah terpenuhi. Terdapat sarana pendidikan Sekolah Dasar di wilayah perancangan. Kondisi Sekolah Dasar tersebut masih baik akan tetapi apabila air laut pasang dan hujan, halaman sekolah tergenangi air dan lumpur-lumpur.
  •  Sarana Kesehatan
    Sarana Kesehatan di wilayah perancangan Desa Timbulsloko berupa 1 polindes. Polindes tersebut merupakan satu-satunya sarana kesehatan di Desa Timbulsloko. Sarana ini sering digunakan penduduk Timbulsloko untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.
  • Sarana Perdagangan dan Jasa
    Di wilayah perancangan Desa Timbulsloko terdapat warung-warung sederhana dan toko-toko kecil yang menjual kebutuhan rumah tangga sebagai sarana perdagangan dan jasa. Kondisi sarana perdagangan dan jasa di wilayah perancangan masih sangat sederhana namun sudah cukup untuk mencukupi kebutuhan di Desa Timbulsloko.
  • Sarana Transportasi
    Sarana transportasi di lokasi kawasaan perancangan berupa sarana untuk kendaraan pribadi, hal ini dikarenakan belum adanya akses angkutan umum yang tersedia menuju lokasi perancangan. Sarana transportasi yang melalui lokasi perancangan yaitu:
  1. Sepeda Motor, Sepeda motor merupakan salah satu sarana yang banyak dimiliki oleh masyarakat di Desa Timbulsloko
  2. Sepeda, Salah satu sarana transportasi yang banyak digunakan oleh warga sekitar terutama anak – anak yang bersekolah di Desa Timbulsloko.
  3. Truck, Truck merupakan sarana transportasi yang digunakan untuk membawa hasil panen tambak ke luar Desa Timbulsloko dan untuk membawa bahan – bahan bangunan dan sembako menuju Desa Timbulsloko.

PRASARANA

1. Jaringan Jalan
Terdapat tiga jaringan jalan yang ada di wilayah perancangan, yaitu jalan utama, jalan lingkungan, dan jalan dusun.

  • Jalan Utama

Untuk jalan utama menuju Desa Timbulsloko kondisinya kurang mencukupi, karena hanya bisa dilewati dua kendaraan motor bersamaan. Apabila ada mobil maupun truck yang melintas, kendaraan dari arah berlawanan harus berhenti menunggu kendaraan tersebut lewat terlebih dahulu. Kondisinya juga buruk karena masih terdapat jalan-jalan yang berlubang dan dipenuhi lumpur-lumpur apabila terjadi hujan. Jenis perkerasannya berupa paving namun setengah dari bagian jalannya masih berupa tanah.

  • Jalan Lingkungan

Jalan lingkungan ini merupakan akses ke pemukiman warga Desa Timbulsloko. Kondisi jalan yang sempit menyebabkan kendaraan tidak dapat leluasa dilewati. Kondisinya juga buruk, karena di ruas-ruas jalan masih berlubang, dan dipenuhi lumpur.

  • Jalan Dusun Timbulsloko

Jalan Dusun Timbulsloko merupakan akses penghubung antar dusun-dusun Desa Timbulsloko. Jalan Dusun ini memiliki kondisi yang sangat buruk, karena lebar jalan yang sempit, hanya cukup dilewati satu kendaraan bermotor dan ruas-ruas jalan ada yang tergenangi air serta lumpur-lumpur.

2. Jaringan Air Bersih
Pada wilayah perancangan Desa Timbulsloko untuk memenuhi kebutuhan air bersihnya warga menggunakan air artetis, dengan menggunakan pompa dan sumur
3. Jaringan Listrik
Untuk jaringan listrik di wilayah perancangan Desa Timbulsloko semuanya teraliri oleh jaringan listrik dari PLN. Bahkan di daerah yang fasilitas jalannya dalam kondisi yang kurang baik jaringan listrik pun telah menjangkau wilayah tersebut.
4.Jaringan Drainase
Jaringan Drainase di wilayah perancangan sudah baik, air mengalir langsung ke laut sehingga pada saat hujan, air bisa langsung terairi ke laut. Namun ada sebagian yang tidaik menggunakan drainase dikarenakan kondisi tanah sudah menurun sejajar dengan air laut sehingga pembuangan tidak ke drainase lagi tapi langsung ke laut.

5.Jaringan Persampahan
Pengelolaan sampah di wilayah perancangan masih dengan sistem tradisional yaitu dilakukan sendiri-sendiri dengan cara menimbun atau membakar. Namun terdapat pula sistem pengelolaan yang dilakukan melalui lembaga yang terstruktur dengan cara

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: