Deliniasi dan Batas wilayah

Kawasan Desa Timbulsloko bagian timur menjadi wilayah perancangan pada Studio Perancangan dan Managemen Pembangunan Kota kali ini dengan alasan kawasan ini memiliki potensi untuk dijadikan tempat rekreasi wisata berbasis masyarakat karena didukung dengan kultur sosial masyarakat yang baik, serta adanya potensi sungai, pertambakan dan mangrove.
Dengan adanya potensi wisata ini, dapat memacu pertumbuhan ekonomi wilayah sehingga menjadikan keberadaan Dukuh Timbulsloko sebagai pusat wisata yang ada di Desa Timbulsloko dan menjadikan pusat kegiatan di desa tersebut. Hal ini tidak terlepas dari letak Dukuh Timbulsloko yang terletak di wilayah pesisir yang strategis dan menghubungkan beberapa kelurahan di Kecamatan Sayung.

Alasan pemilhan wilayah tersebut menjadi kawasan perancangan berdasarkan 2 aspek, yakni batasan fisik dan batasan aktivitas.
1. Batasan Fisik
Wilayah perancangan terdiri dari 2 sungai yang terletak di timur laut dan barat daya Dukuh Timbulsloko. Sungai di sebelah barat daya merupakan sungai yang berada di sekitar lingkungan permukiman warga. Sementara sungai yang terletak di timur laut merupakan sungai yang menjadi batas antara Desa Timbulsloko dengan Desa Surodadi. Di bagian utara wilayah perancangan, terdapat Laut Jawa.

2. Batasan Aktivitas
Batasan aktivitas di wilayah studi terdapat beberapa aktivitas yaitu kawasan tambak menjadi sumber mata pencaharian mayarakat Timbulsloko, selain itu juga terdapat kawasan permukiman penduduk. Kawasan tambak dan kawasan permukiman dapat dikatakan bersebelahan, karena mayoritas penduduk pencaharian sebagai petani tambak, sehingga tambak yang dimiliki masing-masing pribadi warga berlokasi berdekatan dengan rumah para petani.

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: