Konsep ECO Tourism

1. Definisi Eco Coastal Tourism

The International Ecotourism Society (TIES, 1990) mendefinisikan ecotourism sebagai pariwisata yang terletak di kawasan alam dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Ecotourism pada dasarnya berkenaan dengan konservasi, masyarakat, dan wisata/ perjalanan yang berkelanjutan. Hal tersebut menunjukkan bahwa pihak-pihak yang ikut mengimplementasikan dan berpartisipasi dalam kegiatan ecotourism harus berpegang pada prinsip-prinsip ecotourism, yaitu:

  • meminimalkan dampak negatif pariwisata
  • membangun kesadaran lingkungan dan budaya, serta rasa hormat
  • memberikan pengalaman positif, baik kepada pengunjung maupun tuan rumah
  • memberikan keuntungan finansial secara langsung untuk konservasi
  •  memberikan keuntungan finansial dan pemberdayaan bagi masyarakat setempat
  • meningkatkan sensitivitas iklim politik, lingkungan, dan sosial tuan rumah

Isu konseptual dalam pariwisata pesisir yang perlu untuk diselesaikan adalah adanya konflik dua hal, yaitu antara manfaat/ keuntungan pariwisata pesisir dalam hal perekonomian masyarakat dengan dampak buruk yang ditimbulkan dari pariwisata pesisir ini, seperti kerusakan alam, urban sprawl, urbanisasi linear, produksi limbah, serta perubahan lingkungan sosial (hilangnya identitas asli masyarakat kawasan pariwisata pesisir).
Agar dapat meminimalisasi dampak buruk dari keberadaan pariwisata pesisir dan dapat menjaga keberlangsungan industri pariwisata serta sumberdaya pesisir, maka dibutuhkan perhatian yang tinggi terhadap integrasi pariwisata pesisir dalam perencanaan strategis. Dengan ini, sangat diperlukan pengembangan ekowisata pesisir sehingga dapat memperoleh keuntungan secara maksimal namun juga dapat meminimalisasi dampak buruk dari keberadaan pariwisata tersebut.
Integrated Coastal Zone Management (ICZM) telah dikenal oleh banyak pengelola pariwisata pesisir dan para decision-makers sebagai cara untuk mencapai keberlanjutan pariwisata pesisir. ICZM merupakan proses pencapaian tujuan dan sasaran dari pembangunan berkelanjutan wilayah pesisir, dalam batasan fisik, sosial, dan ekonomi, serta dalam batasan hukum, lembaga, serta sistem keuangan dan administrasi. ICZM berfokus pada hubungan antara kegiatan sektoral untuk mencapai tujuan yang lebih komprehensif (UNEP, 1995) Berikut prinsip-prinsip ICZM:

a. Pendekatan Holistik: Segala macam elemen yang berkaitan dengan hidrologi, geomorfologi, iklim, ekologi, sosial ekonomi, dan sistem budaya harus diperhitungkan secara terpadu dan holistik. Area laut dan daratan dalam kawasan pesisir harus dikelola dengan baik secara bersama-sama.

b. Pendekatan Ekosistem: Pendekatan ekosistem dalam manajemen dan perencanaan pesisir harus diterapkan untuk menjamin keberlanjutan pengembangan pesisir.

c. Tata Kelola yang Baik: tata kelola yang baikdari kawasan pesisir membutuhkan koordinasi lintas sektoral dari berbagai pelayanan administrasi kawasan pesisir, baik secara horizontal maupun vertikal.
d. Solidaritas Inter dan Intragenerasi, ICZM harus diterapkan untuk menjamin distribusi sumberdaya pesisir yang lebih baik antara generasi saat ini dan masa depan.
e. Menjaga Kekhasan, Aktivitas yang terjadi di dalam kawasan pesisir sangatlah kompleks harus diperhatikan dengan baik, dan diprioritaskan untuk menjaga kekhasan identitas masyarakat setempat.
f. Prinsip Pencegahan, Pencegahan diperlukan agar aktivitas yang terjadi tidak melebihi kapasitas daya dukung pesisir dan untuk meminimalisasi dampak negatif dari pariwisata dan pembangunan.

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: