Potensi Wilayah dan Fungsi Wilayah Pesisir

1. POTENSI WILAYAH

Wilayah pesisir memiliki keragaman potensi sumberdaya alam yang cukup tinggi dan sangat penting bagi pengembangan sosial, ekonomi, budaya, lingkungan, dan penyangga kedaulatan bangsa (UU RI No. 27 Tahun 2007). Pada dasarnya wilayah pesisir tersusun dari berbagai ekosistem, seperti mangrove, terumbu karang, estuaria, pantai berpasir, dan lainnya, yang satu sama lain saling terkait, tidak berdiri sendiri.
Dalam UU RI No. 27 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil disebutkan bahwa potensi di kawasan pesisir sangatlah besar, baik potensi sumberdaya alam maupun potensi buatan. Potensi sumberdaya kawasan pesisir menurut UU ini yaitu sumberdaya hayati (ikan, terumbu karang, padang lamun, mangrove, dan biota laut lain), sumberdaya nonhayati (pasir, air laut, mineral dasar laut), sumberdaya buatan (infrastruktur laut yang terkait dengan kelautan dan perikanan, dan jasa-jasa lingkungan berupa keindahan alam, permukaan dasar laut tempat instalasi bawah air yang terkait dengan kelautan dan perikanan serta energi gelombang laut yang terdapat di wilayah pesisir.

2. FUNGSI WILAYAH PESISIR

Dilihat dari berbagai potensinya, wilayah pesisir sangat berperan penting dalam keberlangsungan hidup manusia/ human survival. Namun pada dasarnya, ekosistem pesisir memiliki fungsi utama secara hidrobiologis. Selain itu, fungsi lain yang sangat dirasakan yaitu dalam hal ekonomi karena aspek sumberdaya alamnya yang sangat berlimpah sehingga dapat dimanfaatkan baik dalam bentuk praiwisata maupun eksploitasi. Millenium Ecosystem Assessment (MEA) mengidentifikasi empat fungsi penyediaan utama dari ekosistem pesisir:

  •  fungsi penyediaan barang dan jasa (misalnya sumber makanan, air, udara )
  •  fungsi pengaturan (pengaturan iklim dan erosi)
  •  fungsi budaya (nilai-nilai spiritual dan rekreasi)
  •  fungsi pendukung (sebagai produksi primer dan pembentukan tanah).
About these ads
Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: